Cara Memperbaiki Printer Canon Not Responding Error

 

Cara Memperbaiki Printer Canon Not Responding Error

Canon telah menjadi produsen terkemuka percetakan dan peralatan kantor lainnya selama beberapa dekade. Selama lebih dari setengah abad, perusahaan ini berfokus pada kualitas gambar, termasuk film dan kamera digital, lensa, serta teknologi pencetakan. Rangkaian printer mereka mencakup beragam model, kapasitas, dan fitur inovatif yang memberikan hasil pencetakan berkualitas dan andal kepada konsumen, usaha kecil, dan perusahaan global.

Penawaran printer Canon mencakup sesuatu untuk setiap kebutuhan rumah dan bisnis
1. Printer fungsi tunggal laser dan inkjet
2. Printer multifungsi inkjet dan laser
3. Printer laser hitam putih dan berwarna
4. Printer rumahan dan kantor kecil dengan hampir semua kecepatan dan tingkat layanan
5. Printer ringkas dan mobile
6. Pemindai format besar

Dengan lusinan atau bahkan ratusan model yang dapat dipilih, terdapat printer Canon yang dapat memenuhi segala kebutuhan pencetakan – rumah, usaha kecil, percetakan, atau perusahaan besar. Kompatibilitas juga menjadi fokus Canon, menyediakan perangkat yang cocok untuk sistem operasi Windows dan Mac atau jaringan perusahaan.

Printer Canon dirancang tidak hanya agar memiliki fungsi tinggi dan menghasilkan gambar berkualitas tinggi, namun juga mudah dipasang dan dioperasikan. Namun ada kalanya komputer atau printer Anda tidak berfungsi dengan baik dan lancar. Bahkan, Anda mungkin akan disambut dengan pesan bahwa printer Canon Anda tidak merespons. Tindakan apa yang dapat Anda ambil agar printer Anda dapat berkomunikasi kembali dengan komputer Anda?

Ketika Printer Canon Anda Tidak Merespons Selalu periksa yang sudah jelas terlebih dahulu:
Apakah printer dalam keadaan hidup dan dalam status siap?
Jika menggunakan sambungan kabel apakah sudah tersambung dengan aman?
Saat menggunakan koneksi USB, pastikan port USB Anda dapat dioperasikan – coba port USB lain       jika tersedia
Jika nirkabel, apakah router atau titik akses berfungsi dengan baik?
Ada dua saat umum ketika Anda mungkin mengalami skenario printer tidak merespons:
Saat Pertama Kali Memasang Printer Canon Baru :
Mungkin ada beberapa alasan untuk hal ini:

Konektivitas – dengan banyaknya printer yang menggunakan teknologi nirkabel saat ini, hal ini mungkin disebabkan oleh masalah pengaturan pada router jaringan, titik akses, atau konfigurasi printer itu sendiri.
Untuk mencoba penyelesaian koneksi nirkabel, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut pada printer (pertama-tama dapatkan kata sandi router atau titik akses, jika berlaku):
  • Tekan tombol Setup, pilih Wireless LAN Setup, dan pilih OK
  • Pilih Easy Setup, dan konfirmasikan dengan OK
  • Pilih Access Point dan masukkan kata sandi saat diminta, lalu OK
  • Muat media pengaturan Canon di PC Anda dan jalankan program untuk menginstal perangkat lunak Canon pada sistem Anda, menggunakan Easy Install. Proses instalasi sekarang akan menemukan printer Anda di jaringan. Kemudian selesaikan instalasi dengan mengklik Next.
Kami juga memiliki panduan untuk memperbaiki masalah jaringan nirkabel.
Ini adalah proses satu kali yang cukup sederhana. Jika printer Anda berfungsi dengan baik, dan router nirkabel atau titik akses berkomunikasi, Anda akan berhasil menjalankan tugas pencetakan uji setelah selesai.
Jika instalasi printer Anda mencakup sambungan kabel, pastikan kabel tersebut kompatibel dengan port komputer dan printer, serta tersambung dengan aman. Printer jaringan biasanya dilengkapi kabel Ethernet, yang harus berkualitas tinggi. Jangan memperpendek instalasi dengan kabel di bawah standar yang dapat menyebabkan masalah atau mempengaruhi kinerja.
Perangkat Lunak – sistem operasi atau driver Anda mungkin sudah ketinggalan zaman atau hilang. Meskipun Anda menggunakan media pengaturan yang disertakan bersama printer Anda, mungkin ada pembaruan penting yang telah dilakukan sejak media tersebut dibuat. Lihat langkah-langkah berikut untuk memperbarui sistem Anda dan menginstal driver terbaru.

Masalah Intermiten pada Printer Canon Tidak Merespons

Menyiapkan printer untuk mencetak dengan konektivitas nirkabel adalah hal yang biasa saat ini. Ini menyederhanakan pengaturan dan menghilangkan masalah kabel dan antarmuka yang merepotkan, namun juga menyebabkan kemungkinan terjadinya kesalahan “Canon Printer Not Responding”.

Anda dapat mengambil beberapa langkah untuk mengatasi masalah ini:

  • Nyalakan kembali komputer Anda – ini sering kali akan memulihkan koneksi yang hilang dengan perangkat nirkabel
  • Matikan dan hidupkan printer, dan bahkan titik akses atau router nirkabel yang terhubung dengan printer Anda
  • Periksa konfigurasi printer Anda – Anda mungkin tidak diberikan port yang benar untuk printer tersebut

Kunci “dev” di kotak pencarian Windows, dan pilih Perangkat dan Printer untuk menggunakan pengelola perangkat:

Klik dua kali perangkat printer Canon Anda, lalu klik Printer, dan pilih Properties

Dari tampilan ini, Anda dapat mengakses beberapa tab untuk memverifikasi konfigurasi printer Canon Anda:

Umum – akan menampilkan lokasi printer, seperti alamat IP Anda.

Port – Detail alamat IP Anda, termasuk jenis port, dengan peluang untuk memperbarui informasi tersebut sesuai kebutuhan. Beberapa printer memerlukan penetapan port tertentu agar dapat berfungsi dengan baik.

Setelah Anda memverifikasi bahwa semua pengaturan dan konfigurasi untuk printer Anda sudah benar, jika Anda masih mendapatkan kesalahan Printer Canon Tidak Merespons, sekarang saatnya memeriksa status perangkat lunak saat ini pada sistem Anda.

Memperbarui Sistem dan Driver Anda

Pembaruan Windows adalah utilitas “resmi” Microsoft untuk menjaga agar komputer Windows Anda tetap mutakhir dengan penyempurnaan terbaru, fitur baru, dan perbaikan bug. Sebagai pengguna Windows, Anda harus menjalankan perangkat lunak ini secara berkala untuk memastikan integritas dan keamanan sistem Anda. Mengakses Pembaruan Windows adalah proses yang mudah, dan dapat membantu menyelesaikan masalah seperti ketika printer Canon Anda tidak merespons.

Klik tombol Mulai dan pilih Pengaturan, lalu pilih Pembaruan dan Keamanan:

Saat Pembaruan Windows dimulai, cukup klik tombol Periksa Pembaruan

Pembaruan Windows akan memeriksa setiap pembaruan yang berlaku pada sistem Anda, dan memungkinkan Anda mengunduh dan menginstalnya. Cukup ikuti petunjuknya, dan biarkan Pembaruan Windows melakukan sisanya. Merupakan praktik yang baik untuk memulai ulang sistem Anda setelah pembaruan apa pun untuk memastikan perubahan diterapkan.

Untungnya, Microsoft telah membuat proses ini relatif sederhana. Namun, masih banyak pengguna komputer yang merasa tidak nyaman melakukan pembaruan seperti itu pada sistem operasi mereka. Selain itu, Pembaruan Windows mungkin tidak memiliki semua pembaruan dari setiap vendor yang perangkatnya Anda miliki di komputer Anda, termasuk printer Canon Anda.

Jika Anda menjalankan proses tersebut dan masih mengalami masalah koneksi dengan printer Canon Anda, tindakan Anda selanjutnya adalah menyambung ke situs web Canon, membuka halaman dukungan mereka, dan mencari driver terbaru untuk model printer dan versi Windows Anda. Anda kemudian dapat mengunduh driver dari situs Canon dan menyimpan driver untuk instalasi. Pastikan untuk mencatat nama file dan folder tempat Anda menyimpannya.

Memperbarui Pengandar Pencetak Canon Anda

Setelah menemukan driver di situs web Canon dan mengunduhnya, mulai Pengelola Perangkat dengan mengetikkan “perangkat” di kotak pencarian Windows dan memilih Pengelola Perangkat lagi. Klik kanan pada printer Canon Anda, lalu pilih tab Advanced dan klik tombol New Driver.

Windows akan menanyakan lokasi file driver Canon yang Anda unduh dari situs web. Cukup pilih folder dan file tempat Anda menyimpannya.

Windows akan menginstal driver yang diunduh untuk printer Anda, dan printer Anda akan siap digunakan dengan perangkat lunak yang diperbarui.

Buat itu mudah untuk dirimu

Jika semua proses tersebut terdengar terlalu rumit, atau jika Anda merasa tidak nyaman berurusan dengan pembaruan sistem dan instalasi driver, ada cara yang lebih sederhana, cepat, dan aman untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Dukungan Pengemudi mengelola database yang berisi jutaan driver untuk hampir semua perangkat yang ada di sistem Anda. Dengan pengunduhan sederhana dan instalasi perangkat lunak canggih kami, sistem Anda dapat diperbarui dengan cepat dan mudah dengan driver yang ketinggalan jaman atau hilang. Hal ini tidak hanya membuat sistem Anda tetap terkini untuk printer Canon Anda, namun juga akan menjaga semua driver sistem Anda tetap mutakhir untuk kinerja puncak yang berkelanjutan.

Driver pada dasarnya adalah program kecil yang berinteraksi dengan sistem operasi Anda untuk mengontrol semua perangkat Anda. Seperti halnya file komputer lainnya, ada kalanya file driver bisa rusak atau rusak. Hal ini dapat menyebabkan perangkat memberikan hasil yang tidak terduga, atau perangkat mungkin berhenti bekerja sepenuhnya. Menganalisis masalah driver sistem Anda secara berkala dengan Dukungan Pengemudi dapat menyelesaikan masalah driver – terkadang bahkan sebelum masalah tersebut menjadi masalah.

Berikan Dukungan Pengemudi | SATU kali mencoba hari ini! untuk menghemat waktu dan frustrasi dalam mengelola semua driver komputer Anda untuk memanfaatkan fitur-fitur baru dan menyelesaikan masalah kompatibilitas apa pun. Hubungi profesional pengemudi di Dukungan Drive hari ini.

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama