Apa Itu Proxy dan Kegunannya

Pengertian

Proxy adalah sebuah perantara dari  client (kita ) untuk menjalankan permintaan kita mengakses suatu server.  intinya proxy itu tangan atau perantara apabila kita tidak bisa mengakses dari beberapa server.  jadi yang akan mengerjakan tugas kita ya proxy tersebut.

Contoh Skema

616px Schematic Proxy Server.svg  300x117 Apa Itu Proxy dan Kegunannya
komputer kita menghubungkan dengan proxy – kemudian proxy mencari sumber daya (server lainnya) – server mengirim kembali data ke proxy – proxy mengirim data ke kita.

contoh kasus

Saat saya mencoba menonton sebuah streaming di youtube di chanel BWF  (chanel favorit saya), waktu itu sedang ditayangkan pertandingan Moh – ahsan / Hendra melawan Korea dalam Final  kompetensi Djarum Indonesia Open. tapi entah kenapa saya yang orang indonesia tidak bisa mengaksesnya dengan tulisan “maaf, video ini tidak tersedia di negara anda”. setelah saya telusuri ternyata ada sebuah peraturan dimana penonton  dari negara yang meyelenggarakan tidak bisa mengakses videonya. karena saya menggunakan jaringan lokal dan terdaftar di IP publik indonesia maka saya harus menggunakan Proxy untuk menontonnya.  jadi saya menggunakan proxy untuk mengubah IP saya dengan memanfaatkan server Proxy dari negara lain.

Keuntungan atau Manfaat Proxy

1. untuk keamanan, karena ada beberapa proxy yang private
2. Untuk menembus suatu pemblockiran
3. Mempercepat download atau Upload
4. untuk menghindari batasan regional

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama