cara mengganti ram laptop sendiri dengan mudah

SODIMM DDR3 untuk laptop
SODIMM DDR3 untuk laptop
Mengganti sendiri RAM Laptop kita ternyata tidak sesulit yang dibayangkan, mudah sekali. Tidak percaya? Silahkan simak tips dan trik mengganti memory RAM Laptop berikut ini.

Beberapa waktu lalu, saya mencoba menambahkan RAM 1 GB pada laptop Toshiba Satellite C640 saya yang meskipun tua namun telah berjasa banyak, terutama dikaitkan dengan mencari penghasilan tambahan di internet. Sebelumnya saya sendiri ragu-ragu, namun melihat slot tempat pemasangan RAM tersebut yang mudah dijangkau tanpa perlu membuka baut kecuali bagian cover belakang laptop. Seperti pada gambar berikut.
Back Cover Laptop Toshiba C640
Cover belakang Laptop Toshiba C640


RAM laptop C640 saya menurut spesifikasinya adalah SODIMM DDR3-1333 atau DDR3 PC-10600, namun pada saat pembelian mengalami sedikit masalah. Penjual SODIMM DDR3 mengambilkan memory yang salah yaitu DDR3 PC-12800 2GB, sebab beliau kurang jelas melihat tulisan kecil pada permukaan memory tersebut, demikian pula dengan saya. Jadi kami sama-sama keliru, ha ha ha. Ini membuat saya was-was, sebab spesifikasi memory tersebut tidak sesuai terutama voltase yang dipakai lebih rendah (1.35V). Namun akhirnya saya fikir motherboard sekarang lebih cerdas mengelola berbagai jenis memory RAM. Jadi, ya, lanjut saja. Semula saya berniat membeli SODIMM DDR3 4GB, namun sistem operasi Windows 8 32-bit hanya mampu membaca RAM hingga mentok 3.5GB saja dan saya tidak berencana mengupdate Windows 8 yang 63-bit. Sehingga percuma membeli RAM besar-besar bila tidak terpakai maksimal.

Begini caranya:

  • Pertama, buka cover belakang laptop; milik saya hanya ada satu baut.
  • Akan terlihat hardisk dan kartu memory yang sudah ada, serta slot kosong untuk kartu memory baru didepannya. Lihat gambar.
    SODIMM Lama & Slot Memory kosong  Laptop Toshiba C640
    SODIMM Lama & Slot Memory kosong  Laptop Toshiba C640
  • Lihat posisi notch dari SODIMM DDR3 harus tepat dengan posisi notch di slot kosong, bila tidak tepat maka kartu memory tidak dapat masuk seperti terganjal.
  • Jangan pegang bagian tengah RAM, hanya pada bagian pinggir saja, guna mencegah listrik statis dari tangan merusak memori.
  • Biarkan saja dua kancing RAM di kanan-kiri slot memory. Tepatkan posisi kartu memori mengikuti SODIMM lama, namun di slot kosong dan dipasang agak miring ke depan (ke arah Anda).
    SODIMM DDR3 Masuk
    SODIMM DDR3 Masuk
  • Bila sudah pas, dorong pelan-pelan ke dalam hingga terasa mentok. Jika tangan Anda lepaskan dari kartu memory ia tidak bergerak lagi.
  • Setelah itu, dorong maju SODIMM DDR3 tersebut ke arah tegak hingga terdengar suara klik dan kartu memory terkunci kanan-kiri. Selesai.
    SODIMM DDR3 Putar/dorong hingga klik
    SODIMM DDR3 Putar/dorong hingga klik
  • Tutup kembali cover belakang laptop.
  • Hidupakan laptop dan akses BIOS (laptop saya tombol F2). Segera terlihat penambahan jumlah memory dari yang semula (milik saya dari 1.024MB menjadi 3.072MB).
  • Sukses...SELAMAT MENCOBA.

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama