cara yang baik mengisi tinta printer canon MG 2570



Cara isi tinta yang baik dan benar seperti apa sih? seorang konsumen menanyakan kepada saya bagaimana cara yang baik mengisi tinta printer canon MG 2570, dari sana ide untuk menuliskan di blog tentang tips pengisian tinta itu muncul. sebenarnya  teknik refill itu sendiri tidak ada , alias semua orang bisa melakukannya asalkan sudah paham caranya ( sama saja harus belajar dulu).

Tinta yang baik untuk printer adalah yang terbuat dari bahan cair sehingga tidak menyumbat catridge. cara membedakannya adalah dengan mencetak foto dan biarkan selama satu minggu. kemudian lihat perbedaanya mana yang lebih cepat pudar. lalu bagaimana tips agar aman dan catridge awet tahan lama? sebelumnya saya akan klarifikasi ( bahasa artis yang terkena gosip )bahwa cara isi tinta  ini juga bisa di terapkan pada printer canon seri MP 237, MG 2470, 5570, IP 2770 dan seri lain yang masih menggunakan system 2 catridge.


Tanpa infus :
A. Perhatikan lubang - ketika hendak mengisi pertama kali harus di lubangi terlebih dahulu. dalam melubangi sebaiknya gunakan jarum bawaan dari tinta tersebut ( tinta merk super ink sudha built in jarum ini ). jarum yang saya maksud bukan jarum suntik melainkan yang mempunyai ukuran lebih besar. alat melubangi yang saya maksud seperti gambar disamping.


Untuk beberapa merk memang tidak disertai alat ini akan tetapi kita bisa mendapatkannya di toko peralatan tulis dan kantor. untuk pengisian catridge warna harus atas merah, kanan kuning dan kiri biru. sedangkan untuk hitam lubangnya di tengah tidak apa apa,seperti gambar ditas

B. waktu pengisian tinta - menurut referensi yang pernah saya baca, kita wajib mengisi tinta ketika hasil print sudah mulai memudar atau bergaris. atau mungkin jika memang dirasa sudah lama tidak mengisi. jika hasil print sudah jelek tetap di paksa untuk mencetak maka jangan harap catridge akan tetap awet.( bukan mengancam )

C. Berapa banyak tinta yang di isikan? - untuk catridge hitam yang baik itu 5- 6 ml saja untuk warna 3-4 ml saja. karena jika kita mengisi terlalu penuh bisa berakibat kebocoran pada catridge. dan juga saat pengisian akan keluar keatas. sayang kan jika harus terbuang percuma tinta yang sudah kita beli.

Printer dengan infus system :



1 . Pastikan posisi selang infus berada sejajar dengan catridge - Untuk menghindari terjadinya masuknya udara ke selang, dan juga aliran yang terlalu deras dari tinta ke catridge. sebaiknya poisi tabung infus dan catridge sejajar. dalam artian volume tinta dalam tabung yang menjadi pedoman bukan tinggi tabungnya ya.untuk kasus ini saya belajar dari pengalaman memasang infus printer ini. simak cerita pengalaman infus printer mg 2570 yang saya alami

2. Sebaiknya tabung infus jangan di satukan - alasann : karena tingkat penggunaan tinta saat mencetak satu warna dengan watna lain tidak sama sehingga jumlah tinta  akan berkurang sesuai pengeluaran. nah jika posisinya di satukan dan di letakkan sejajar ( tabung infus warna hitam, merah,kuning dan biru ) antara warna hitam dan warna akan mengalami bentrok. hitam tidak mengalir ( penggunaan tinta hitam dominan lebih banyak dan sering ) dan warna tetap stabil.


3. Gunakan satu tinta untuk selamanyagunakanlah satu merk tinta untuk selamanya. jangan berganti jenis tinta untuk satu printer apa lagi mencampurnya. sebab kekentalan tinta itu bervariasi. di khawatirkan terjadi kerusakan pada head catridge.

cara mengisi tinta printer mg 2570 mudah bukan? saran : rawatlah dengan baik catridge anda . karena untuk catridge CL 746 dan PG 745 harganya berkisar antara Rp. 250. 000 an. untuk warna jadi jagalah dia layaknya menjaga bayi ( lebay mode on ). sekian dan salam

7 Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama